Assesmen

Assesmen dalam pembelajaran Sains

Dalam buku Clasroom Assesment and NSES (NRC,2000) melaporkan bahwa penilaian yang baik dalam kelas sains berdampak tinggi dalam hasil belajar siswa. Siswa merupakan komponen kunci dalam pembelajaran sains. Penilaian di kelas sekarang sudah beralih siswa dari teacher centered beralih ke student centered. Komponen ini menjelaskan bahwa interaksi antara guru dan siswa  sebaiknya berinteraksi dengan baik agar memperoleh hasil pembelajaran yang efektif.

Assesmen merupakan bagian penting dalam pembelajaran sehari hari di kelas (NRC,1996). Jenis assesment yang sudah kita kenal ada fomatif dan sumatif. Assesmen formatif merupakan assesment yang menyediakan informasi bagi guru dan siswa untuk meningkatkan kegiatan belajar dan mengajar. Assesmen sumatif meupakan assesmen kumulatif pada setiap akhir kegiatan pembelajaran.

Tabel 1. Jenis, tujuan ,peran serta tanggung jawab assesmen dari formatif dan sumatif (NRC,2000)

Jenis tujuan Peran dan tanggung jawab
Formatif Meningkatkan pembelajaranMenginformasikan pengajaran Guru dan siswa
Sumatif Membuat nilaiPenempatan

promosi

akuntabilitas

Guru dan tes eksternalTes eksternal dan guru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: